BSYoGpClBUMpGUzoTfr8GUC0TA==

Proyek Revitalisasi Kota Semarang Hampir Selesai

Ilustrasi Kota Semarang (Semarangkota.go.id)

AsifbaProject.com (Semarang) - Revitalisasi Kota Semarang seperti Pasar Johar dan Kota Lama hampir selesai. Pembangunan Pasar Johar sudah mencapai 94 persen. Sedangkan di Kota Lama hanya meyisakan pengaturan banjir melalui pompa.

Hal ini diungkapkan Dirjen Cipta Karya kementrian Pengerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Danis Sumadilaga. Di sela-sela dies natalis Universitas Khatolik (Unika) Soegijapranata, Senin (5/7).

"Tadi pagi saya sudah tinjau langsung. Pembangunan Pasar Johar secara fisik sudah selesai. Progresnya saya rasa cukup cepat," kata Danis di Unika Soegijapranata, Semarang.

Baca Juga: GRATIS! BLK Al Muchsin Pegandon Kendal Buka Pelatihan Desain Grafis, Ini Syarat dan Cara Daftarnya!

Menurut dia, pengerjaan pasar menyisakan instalasi listrik. Dia berharap, penginstalan listrik di Pasar Johar harus lebih diperhatikan. Karena dulu Pasar Johar pernah terbakar disebabkan hubungan pendek arus listrik.

"Renovasi Pasar Johar juga menyisakan saluran pembuangan. Renacanya, pembangunan saluran itu dari retensi ke sungai berjarak sekitar 150 meter," ungkapnya.

Danis menambahkan, pembangunan infrastruktur ini sangat memperhatikan dampak dari ekologis. Sehingga Revitalisasi Kota Semarang diharapkan tidak merusak lingkungan.

"Hal itu justru sejak awal jadi fokus kementerian PUPR. Dengan cara memperhatikan aspek ekologis untuk pembangunan jangka panjang 2005-2025," tandas Dirjen PUPR itu.

Baca Juga: Istilah Finishing Spanduk MMT, Ada Simming, Keling dan Kolong

Selain Pasar Johar, Kementerian PUPR juga telah menyelesaikan proyek revitalisasi Kota Lama. Menurut Danis, pembangunan Kota Lama hanya menyisakan antisipasi banjir dengan cara pemasangan pompa.

"Semarang pada tahun ini, kami menyelesaikan dua proyek. Yaitu Pasar Johar dan Revitalisasi Kota Lama. Sekarang hanya tinggal menyelesaikan pembangunan Kampung Bahari Tambak Lorok," ujarnya.

Lanjut dia, Selain Semarang, Kementerian PUPR juga sedang menyelesaikan proyek di Jawa Tengah. Seperti revitalisasi Stadion Manahan di Solo.

Sumber Artikel:

liputan langsung ketika magang di Suara Merdeka

Komentar0

Type above and press Enter to search.